Saturday, April 5, 2008

Membuat blog... untuk apa?

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...
Bismillahirrahmanirrahim

Segala puji bagi Allah pemilik segala kesempurnaan dan keagungan,dengan izinNya akhirnya saya memulai juga membuat blog sendiri, setelah sekian lama bingung dan ragu untuk membuat blog ini..

Ini adalah posting pertama saya dalam rangka mencurahkan buah fikiran, ide, gagasan dan mempublikasikannya di ruang publik-maya setidaknya-. pertanyaan-pertanyaan pertama saya ketika tergerak untuk membuat blog adalah, untuk apa? apa manfaatnya? perlukah? adakah ini semata-mata untuk tampil untuk tampil di ruang publik (tenar?) atau dalam rangka menyebarkan pemikiran saya agar lebih bermanfaat bagi saya pribadi dan orang lain?

Sebagaimana diketahui, bahwa di antara kebutuhan pokok manusia-menurut Abraham Maslow- adalah kebutuhan untuk aktualisasi diri, diakui eksistensinya dihadapan orang lain, sehingga konsekuensi dari pemenuhan kebutuhan pokok tersebut adalah menggunakan segala sarana untuk menampilkan diri di ruang publik agar eksistensinya diakui oleh orang lain. Dalam konteks modern sarana tersebut bisa berupa media, diantaranya adalah internet. maka jangan heran jika sekarang fenomena yang sekarang sedang booming adalah friendster, blogger, dan lain sebagainya.

Namun demikian,sebagai perimbangan atas gagasan di atas,kita sebagai muslim sangat mengenal sebuah hadits shahih "Innamal a'maalu binniyyat.." (segala amal itu tergantung pada niatnya). hadits ini dapat kita jadikan titik tolak untuk menilai standar kualitas segala aktivitas kita, termasuk ketika kita masuk untuk tampil diruang publik yang di antaranya adalah blog seperti ini. Di sisi lain, Islam mengajarkan kita untuk selalu memelihara ketulusan hati.

Apa yang saya maksud dari gagasan-gagasan di atas? yang saya maksud adalah kita harus menegaskan kembali tujuan-tujuan kita ketika kita membuat blog seperti ini.. apakah semata-mata untuk memenuhi kebutuhan pokok itu? atau memang ada tujuan yang lebih dari sekadar itu?

Rasulullah saw mengajarkan "sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia yang lain",maka sebagai manifestasi dari ajaran tersebut,kita harus memanfaatkan betul sarana dan media seperti blog untuk memberikan manfaat kepada orang lain secara massif dan menyebarkan kebaikan secara terbuka...

Wallahu a'lam..


1 comment:

  1. setuju sedelapan sesembilan sesepuluh... pokoke sepakat, :D

    ReplyDelete